Saturday, April 22, 2017

Apa itu Dropbox? Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Pada setiap pekerjaan yang berhubungan dengan media elektronik, khususnya komputer/laptop, kita akan selalu berhubungan dengan berbagai macam file/data. Mulai dari data pekerjaan, tugas sekolah, tugas kuliah, data pribadi, dan data/file lainnya. Saat ini, selain kita dapat menggunakan flash disk untuk menyimpan data-data atau file, pada jaringan internet sudah banyak sekali penyedia layanan untuk menyimpan data-data online gratis seperti Dropbox, UserCloud, Google Drive dll.

Diartikel sebelumnya kita telah membahas tentang Cara menyimpan data pada Google Drive, kali ini saya akan membahas tentang cara menyimpan data pada Dropbox. Apa itu Dropbox? Dropbox yaitu salah satu media penyimpanan data online gratis berbasis web yang dimiliki oleh Dropbox, ink. khususnya untuk semua orang yang memerlukan tempat untuk menyimpan data-data atau file-file mereka secara aman dan gratis. Selain untuk menyimpan file, kita juga dapat melakukan sinkronisasi dengan folder lokal pada komputer atau laptop.

Keuntungan pada Dropbox yaitu Sebagai media penyimpanan data/file online gratis, tanpa kita perlu repot-repot menggunakan Flashdisk/CD untuk menyimpan file, yang kita perlukan hanya akun email untuk login ke Dropbox. Adapun kekurangan Dropbox yaitu kapasitas yang diberikan oleh Dropbox hanya sebesar 2GB saja, namun Dropbox juga menyediakan layanan berbayar dengan kelebihan sendiri tentunya, kapasitas yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari 50GB, 100GB, Hingga 1TB.

Menggunakan aplikasi Dropbox sama halnya dengan menggunakan aplikasi Google Drive dengan modal akun email kita dapat memanfaatkan layanan-layanan gratis berbasis web. Berikut cara-cara menggunakan Dropbox

Cara menyimpan file pada Dropbox

1. Buka alamat web Dropbox https://www.dropbox.com
2. Silahkan login dengan email jika sudah memiliki akun Dropbox. jika belum memiliki akun Dropbox silahkan isi kolom-kolom seperti contoh di bawah untuk mendaftarkan akun.
3. Setelah berhasil masuk di Dropbox, kamu tinggal klik "unggah file" pada sisi sebelah kanan atas
4. Lalu pilih file yang akan dimasukan, contoh seperti gambar dibawah ini
5. Setelah itu tunggu sampai pengunduhan file selesai
6. Selesai, file yang diunggah sudah berhasil tersimpan di dropbox