Friday, June 9, 2017

Cara menonaktifkan pembaruan otomatis pada Play store atau Google play

Setelah di artikel sebelumnya saya membahas tentang cara membuat email, kali ini saya akan membahas tentang Cara bagaimana menonaktifkan pembaruan otomatis play store atau google play pada smartphone. Mungkin jika kita menggunakan wi-fi sebagai koneksi internet untuk ponsel tidak akan menjadi masalah, namun bagaimana jika kita menggunakan paket data ? Tentu ini akan menjadi masalah karena banyak dialami sebagian orang pada umumnya termasuk saya juga pernah mengalaminya. Ketika paket data/kuota tinggal sedikit dan auto-update melakukan instal otomatis, tentu akan membuat kuota/paket data cepat habis dan pemakaian kuota menjadi boros karna terpakai hanya untuk upgrade aplikasi saja.

Secara default, smartphone yang kita gunakan akan mengaktifkan setelan pada play store atau google play yang memungkinkan perangkat melakukan pembaruan otomatis pada semua aplikasi yang kita unduh melalui play store atau google play. Tidak peduli dengan kuota yang kita miliki atau koneksi apa yang sedang kita gunakan pembaruan seperti ini akan tetap terupgrade secara otomatis. Tidak hanya membuat kuota boros, setelan seperti ini juga akan membuat ponsel smartphone kita menjadi lemot dan baterai cepat habis di karnakan proses penginstalan aplikasi yang banyak dan menyebabkan ponsel cepat panas.

Dengan kejadian yang sering dialami ini, penting bagi para pengguna smartphone yang mungkin belum mengetahui untuk segera melakukan penyetingan ulang agar setelannya segera dinonaktifkan. Perlu di ingat bukan berarti play store atau google play dapat merugikan bagi para pengguna smartphone, tapi play store hanya ingin memberikan yang terbaik bagi para pengguna smartphone agar selalu mendapatkan fitur-fitur terbaru dari aplikasi yang kita unduh melalui pembaruan yang tersedia. Dengan kita menonaktifkan pembaruan otomatis kita masih bisa menginstal aplikasi ketika smartphone terhubung dengan jaringan wifi saja, dengan begitu kuota atau paket data yang kita miliki menjadi tidak boros dan cepat habis dan kita bisa menikmati fitur-fitur terbaru dari aplikasi yang kita unduh.

Lalu bagaimana cara melakukan menyetingan ulang agar pembaruan otomatis bisa terhenti? berikut saya akan menjelaskan tentang cara-cara nya, namun perlu diperhatikan mungkin versi tampilan smartphone berbeda tapi cara-cara yang saya jelaskan itu pengaturan nya tetap sama.

Cara menonaktifkan pembaruan otomatis pada google play atau play store

1. Pastikan ponsel atau smartphone kamu terhubung dengan jaringan internet. Lalu buka aplikasi Play store.
2. Silahkan buka menu pada pojok kiri atas Google Play lalu tap, maka setelah itu akan muncul daftar menu. lalu pilih setelan.
3. Pada menu setelan, pilih "Update aplikasi secara otomatis"
4. Setelah itu maka akan muncul 3 opsi, seperti pada gambar dibawah. Karna tujuan dari artikel ini ingin menonaktifkan pembaruan otomatis pada setelan play store, maka pilih opsi pertama yaitu "Jangan update aplikasi secara otomatis".
5. Setelah itu, maka akan muncul tulisan di bawah setelan auto update yang menunjukan bahwa opsi yang dipilih telah aktif atau berhasil di nonaktifkan. contoh seperti pada gambar yang dilingkari di bawah.

Itulah cara-cara bagaimana menonaktifkan pembaruan otomatis pada play store atau google play. sangat mudah bukan ?  namun jika ingin salah satu dari aplikasi yang kita gunakan selalu update kamu tinggal pilih aplikasi yang ingin di perbarui, lalu tap pada pojok kanan atas yaitu "update otomatis" contoh seperti pada gambar dibawah.
Itulah ulasan tentang cara menonaktifkan pembaruan otomatis pada Play store atau Google play. semoga bermanfaat , terimaksi dan selamat mencoba.